Seputar USG Kehamilan: Persiapan, Prosedur, Hingga Biaya

Seputar USG Kehamilan: Persiapan, Prosedur, Hingga Biaya

Ditinjau oleh: dr. Upik Anggraheni Priyambodo,Sp.O.G, Subsp.F.E.R

Selama proses kehamilan, pemeriksaan medis secara rutin menjadi sangat penting untuk memantau kesehatan ibu dan janin. Salah satu pemeriksaan yang umum dilakukan adalah Ultrasonografi atau dikenal sebagai USG. 

Artikel ini membahas segala hal yang perlu Anda ketahui tentang USG kehamilan, termasuk jenis-jenisnya, persiapan sebelum menjalani USG, prosedur yang dilakukan, manfaat bagi kesehatan ibu dan janin, serta estimasi biaya yang diperlukan.

Pentingnya USG (Ultrasonografi) dalam Pemantauan Kehamilan 

USG atau ultrasonografi adalah salah satu alat pemeriksaan medis yang paling sering digunakan selama kehamilan. USG adalah prosedur non-invasif yang menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambaran visual dari janin dalam kandungan.

Prosedur Ini dilakukan untuk melihat bagaimana si kecil berkembang di dalam perut ibu, memastikan semuanya berjalan dengan baik dan mendeteksi adanya masalah kesehatan yang mungkin terjadi pada ibu maupun janin.

Jenis-Jenis USG Kehamilan

Ada beberapa jenis USG yang dapat dilakukan selama kehamilan, antara lain:

  1. USG 2D

USG 2D adalah jenis USG yang menghasilkan gambaran bayi dan organ dalam rahim dalam dua dimensi atau potongan bidang. Gambar-gambar yang dihasilkan biasanya berwarna hitam dan putih. Ini adalah jenis USG yang paling penting dan rutin dilakukan selama kehamilan. USG 2D sering digunakan sebagai dasar pemeriksaan utama untuk menentukan kelainan janin, mengukur pertumbuhan janin, dan menilai posisi plasenta.

  1. USG 3D

Dengan USG 3D, dokter dan orang tua dapat melihat bayi dengan lebih detail, termasuk gambaran wajah dan permukaan tubuh secara lebih nyata. Gambar yang dihasilkan oleh USG 3D menampilkan bayi dalam bentuk yang lebih jelas daripada gambar yang dihasilkan oleh USG 2D

  1. USG 4D

USG 4D merupakan teknologi USG yang menghasilkan gambaran tiga dimensi dengan efek gerakan, memberikan gambaran yang lebih realistis pada janin.

  1. USG Fetomaternal

USG Fetomaternal dilakukan oleh Konsultan Fetomaternal untuk membantu mengevaluasi kesehatan dan perkembangan janin, serta mendeteksi kelainan atau masalah pada kandungan sedini mungkin.

Persiapan Sebelum USG Kehamilan

Untuk memastikan hasil USG yang optimal, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan, yaitu, menghindari makanan yang dapat menyebabkan gas berlebih dan mengenakan pakaian longgar dan mudah digulung ke atas perut.

Prosedur USG Kehamilan

Prosedur USG kehamilan umumnya dilakukan dengan cara mengaplikasikan gel dingin pada perut dan kemudian menggerakkan probe di atas area yang akan diperiksa. Selama prosedur ini, dokter akan mencari gambaran yang paling jelas untuk memeriksa perkembangan janin, kondisi plasenta, dan organ dalam ibu.

Jika usia kehamilan di bawah 8 minggu, dokter akan melakukan pemeriksaan USG transvaginal untuk mendapatkan gambaran kantung kehamilan dan janin yang lebih jelas dan akurat. USG transvaginal dilakukan dengan memasukkan probe kecil yang dilapisi kondom dan gel pelumas ke dalam vagina. Prosedur ini dapat memberikan detail yang lebih baik pada tahap awal kehamilan dibandingkan dengan USG abdominal biasa.

Manfaat USG Kehamilan

USG kehamilan merupakan salah satu teknologi medis yang penting dalam menjaga kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Berikut beberapa manfaat utamanya:

  1. Mengetahui Usia Kehamilan dan Taksiran Persalinan yang Lebih Akurat

Pemeriksaan USG trimester pertama sebaiknya dilakukan setidaknya antara usia 9-13 minggu untuk mengetahui usia kehamilan yang akurat dan taksiran persalinan berdasarkan usia tersebut

  1. Memantau Pertumbuhan dan Perkembangan Janin

Melalui USG kehamilan, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi dapat mengukur ukuran dan berat janin serta memantau perkembangan organ-organ penting seperti jantung, otak, dan organ vital lainnya. Informasi ini membantu Dokter Kandungan memastikan bahwa janin berkembang baik sesuai tahapan perkembangan yang normal.

  1. Mendeteksi Dini Kelainan Janin

Salah satu manfaat utama USG kehamilan adalah kemampuannya untuk mendeteksi kelainan perkembangan pada janin. Melalui USG, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi dapat mengidentifikasi masalah seperti cacat lahir, kelainan organ, atau masalah genetik pada tahap awal kehamilan.

  1. Mengecek Posisi Janin

USG sangat membantu Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi dalam menilai posisi janin dalam rahim, apakah kepala sudah masuk panggul atau masih dalam posisi sungsang. Informasi ini penting dalam merencanakan persalinan dan mengantisipasi kemungkinan komplikasi persalinan yang mungkin terjadi. 

  1. Pengawasan Kehamilan Risiko Tinggi

Bagi ibu hamil dengan kondisi medis kompleks atau risiko tinggi, USG kehamilan dapat memantau perkembangan janin dan kesehatan ibu secara teratur. Hal ini membantu Dokter membuat keputusan medis yang tepat dan mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan.

Dengan bantuan USG, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi dapat melakukan pemantauan lebih intensif dan memberikan perawatan disesuaikan dengan kebutuhan khusus ibu dan janin, sehingga meningkatkan peluang kelahiran bayi yang sehat dan mengurangi potensi komplikasi.

Biaya USG Kehamilan

Biaya USG kehamilan dapat bervariasi tergantung pada jenis USG, lokasi, dan fasilitas medis yang digunakan. Namun, secara umum, biaya USG kehamilan berkisar antara Rp200 ribu hingga 1 juta rupiah.

Pertimbangkan Konsultasi dengan Dokter 

Sebelum Anda menjalani USG kehamilan, penting untuk berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi terlebih dahulu. Hal ini akan membantu Anda memahami prosedur lebih baik dan mengetahui hasil yang diharapkan dari pemeriksaan tersebut. Pastikan memilih layanan klinik terpercaya dan tenaga medis berpengalaman. Anda dapat mencari fasilitas kesehatan terdekat atau berkunjung langsung ke klinik BAMED untuk memeriksakan kehamilan Anda.Selain itu, jangan ragu banyak bertanya kepada Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi mengenai prosedur yang akan dilakukan dan cara membaca hasil USG agar Anda memahami kondisi kehamilan dengan lebih baik.

Dengan memahami pentingnya USG kehamilan, jenis-jenis USG yang tersedia, persiapan sebelum pemeriksaan, hingga biaya, diharapkan calon ibu dapat menjalani USG kehamilan lebih siap untuk merawat kesehatannya dan janin. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut atau Anda dapat mengunjungi klinik terdekat atau mengunjungi Klinik BAMED untuk melakukan USG kehamilan secara nyaman dengan melakukan booking janji lebih dahulu.