7 Tips Sehat Saat Lebaran Agar Diet Makin Sukses!

7 Tips Sehat Saat Lebaran Agar Diet Makin Sukses!

Ditinjau oleh: dr. Maryam Sp.GK

Pada saat merayakan Lebaran, menjaga kesehatan tetap penting agar Anda bisa menikmati momen bahagia dengan energi yang cukup. Terlebih untuk yang sedang melakukan program diet sehat. Jangan khawatir diet berantakan di saat lebaran, berikut beberapa tips pola makan sehat saat lebaran, Anda tetap dapat menikmati makanan namun kesehatan juga terjaga sepanjang hari.

Prioritaskan Konsumsi Makanan Diet Sehat

Saat Lebaran, kita sering kali tergoda dengan berbagai hidangan lezat yang tersedia di meja makan. Namun, penting untuk tetap memprioritaskan program diet yang sedang dijalankan dengan memilih makanan sehat agar tubuh tetap bugar sepanjang hari. Pilihlah menu makanan lebaran yang kaya akan nutrisi seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan protein seimbang.

Batasi Konsumsi Makanan Tinggi Gula dan Lemak

Menu Lebaran seringkali mengandung tinggi gula dan lemak, seperti kue kering, minuman manis, dan makanan berlemak tinggi. Batasilah konsumsi makanan-makanan lebaran agar asupan gula dan lemak tubuh tetap terjaga. Sebagai gantinya, pilihlah camilan sehat seperti kurma, kacang-kacangan, atau buah-buahan segar.

Cobalah untuk menyiapkan menu Lebaran dengan bahan segar dan alami, serta mengurangi penggunaan bahan pengawet dan penyedap buatan. Dengan memprioritaskan konsumsi makanan sehat, diet pun tetap terjaga. Pemilihan makanan yang sehat dapat memberikan nutrisi cukup pada tubuh, menjaga energi dan vitalitas selama perayaan, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Pilihlah Porsi yang Seimbang

Saat merayakan Lebaran, penting memilih porsi makanan sesuai menu diet yang sedang dijalankan. Usahakan untuk mengatur porsi makanan dengan proporsi tepat antara karbohidrat, protein, lemak sehat, sayuran, dan buah-buahan. Hindari makan berlebihan dan pertimbangkan untuk menggunakan piring kecil atau mangkuk kecil untuk membantu mengontrol porsi dietmu.

Dengan memilih porsi yang seimbang, Anda dapat mencegah penumpukan kalori berlebihan dan menjaga berat badan yang sehat. Selain itu, mengatur porsi dengan baik juga membantu tubuh dalam mencerna makanan dengan lebih efisien dan menjaga tingkat energi Anda tetap stabil sepanjang hari.

Minum Air Putih Secukupnya

Selain memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi, minum air putih secukupnya juga sangat penting saat hari Lebaran. Pastikan untuk minum air putih secara teratur sepanjang hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dehidrasi dapat menyebabkan penurunan energi dan konsentrasi.

Sebagai panduan umum, cobalah untuk minum setidaknya delapan gelas air putih setiap hari, atau lebih jika Anda beraktivitas fisik intens. Dengan memastikan tubuh terhidrasi baik, Anda dapat menjaga keseimbangan elektrolit, meningkatkan fungsi pencernaan, serta membantu menjaga kulit tetap segar dan bercahaya selama perayaan Lebaran.

Olahraga Rutin

Meskipun suasana Lebaran penuh dengan kegiatan bersama keluarga, tetapkanlah waktu untuk olahraga. Berolahraga membantu meningkatkan energi, memperbaiki mood, dan menjaga kesehatan fisik dan mental. 

Program diet yang tepat juga perlu didukung dengan aktivitas olahraga yang seimbang. Anda tidak perlu melakukan yang sangat intens, cukup dengan berjalan kaki 30 menit – 1 jam, bersepeda, atau rutinitas latihan ringan di rumah. 

Manfaatkan momen bersama keluarga atau teman untuk berolahraga bersama, sehingga Anda dapat tetap aktif sambil menikmati suasana perayaan Lebaran. Dengan konsistensi dalam berolahraga, Anda tetap bugar dan sehat sepanjang momen lebaran.

Istirahat dengan Cukup

Jangan sampai kesibukan Lebaran membuat Anda kurang istirahat. Pastikan untuk istirahat yang cukup agar tubuh dapat pulih dan memperbaharui energi. Usahakan tidur setidaknya 7-8 jam setiap malamnya untuk memastikan tubuh mendapatkan istirahat yang memadai, memulihkan diri secara optimal, menjaga metabolisme tubuh, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh di hari lebaran.

Konsultasi dengan Dokter Spesialis Gizi Klinik

Jika ragu atau takut akan makan berlebih di hari lebaran, Anda bisa berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Gizi Klinik. Mereka akan memberikan saran, panduan, dan menyusun rencana makan seimbang dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi saat program diet berlangsung.

Pada program diet, kondisi kesehatan sangat perlu diperhatikan. Dokter Spesialis Gizi Klinik dapat membantu menyesuaikan pola makan sehat dengan memperhitungkan preferensi pribadi, batasan diet, dan kebutuhan nutrisi individu tubuh. Klinik BAMED memiliki layanan konsultasi dengan Dokter Spesialis Gizi Klinis. 

Dengan mengikuti tips sehat selama diet di hari Lebaran di atas, Anda dapat menikmati momen bersama keluarga dan kerabat lebih indah dan penuh kebahagiaan. Selamat merayakan Lebaran dengan penuh kesehatan dan kebahagiaan!