5 Tips Merawat Kulit Agar Glowing dan Sehat Saat Lebaran

5 Tips Merawat Kulit Agar Glowing dan Sehat Saat Lebaran

Ditinjau oleh: dr. Arlene Rainamira, SPD.V.E

Pada bulan suci Ramadan, menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya bisa menjadi tantangan tersendiri. Puasa dapat memengaruhi kondisi kulit karena perubahan pola makan dan kebiasaan sehari-hari. Agar kulit tetap sehat dan glowing di hari lebaran, lakukan tips perawatan sehari-hari seperti di artikel ini.

Artikel ini mengulas lima tips efektif untuk merawat kulit sehat dan glowing saat menyambut hari lebaran. Dari kebiasaan makan yang tepat hingga rutinitas perawatan kulit yang terencana, kamu akan menemukan cara menjaga kulit terlihat segar dan bercahaya, saat menyambut hari raya lebaran.

Pentingnya Merawat Kulit Sebelum Hari Lebaran

Saat menjalani puasa, perubahan pola makan dan kebiasaan sehari-hari dapat berdampak pada kondisi kulit. Oleh karena itu, penting untuk tetap merawat kulit agar tetap sehat dan glowing. Perawatan yang tepat dapat membantu menjaga kelembapan, mencegah kulit kusam, dan memperbaiki kondisi kulit. Berikut alasan mengapa merawat kulit dari puasa hingga momen lebaran tiba:

Menjaga Kelembapan Kulit

Saat puasa, tubuh cenderung kekurangan cairan karena tidak adanya asupan air dan makanan selama beberapa jam. Kekurangan cairan ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kehilangan kelembapannya. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kelembapan kulit menggunakan pelembab yang cocok untuk jenis kulit kamu.  Penggunaan pelembap secara teratur 2- 3 kali sehari segera setelah mandi hingga hari lebaran agar kulit tetap lembab.

Mencegah Kulit Kusam

Kurangnya asupan cairan dan nutrisi selama puasa dapat menyebabkan kulit kusam dan kurang bercahaya. Untuk mencegah hal ini, pastikan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air dan nutrisi, seperti buah-buahan dan sayuran. 

Selain itu, gunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan mencerahkan dan menyegarkan, seperti vitamin C atau ekstrak bunga. Pastikan juga penggunaan tahapan skin care tersebut digunakan saat hari raya lebaran, selain tetap menjaga tubuh dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat di momen lebaran. 

Cara Menjaga Kulit Tetap Sehat Saat Lebaran Tiba

Untuk menjaga kesehatan kulit terlihat sehat dan glowing saat lebaran, berikut tips yang bisa kamu lakukan:

Konsumsi Air Putih Secukupnya

Konsumsi air putih saat puasa sangat penting karena tubuh membutuhkan cairan untuk menjaga fungsi organ-organ tubuh, termasuk kulit. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengonsumsi air putih secukupnya dari puasa hingga hari lebaran tiba. Terutama di hari lebaran yang menguras tenaga karena aktivitas seharian bersama keluarga, maka air putih sangat dibutuhkan.  Setidaknya minum air putih 8 gelas sehari yang dapat dibagi saat sahur dan berbuka.

Air putih membantu menjaga kelembapan kulit, membuang racun dari dalam tubuh, dan membantu proses regenerasi sel kulit. Dengan mengonsumsi air putih secukupnya membantu mencegah kulit dari masalah-masalah seperti kulit kering dan kusam. Pastikan untuk tetap mengonsumsi air putih secukupnya agar kulit tetap terhidrasi. 

Rutin Perawatan ke Dokter Kulit

Selain menjaga kebersihan dan perawatan kulit sendiri di rumah, tips penting kulit sehat saat momen lebaran adalah berkonsultasi dengan dokter kulit profesional untuk perawatan lebih maksimal. 

Dokter kulit dapat membantu menilai kondisi kulit secara menyeluruh dan memberikan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Mereka dapat memberikan solusi lebih dalam mengenai masalah kulit seperti hiperpigmentasi, bekas jerawat, tanda penuaan dini, dan masalah kulit lainnya.

Perhatikan Pola Makan Sehat Saat Lebaran

Pola makan yang sehat memang memiliki peran penting dalam merawat kesehatan kulit. Menurut dr. Zarwindo Sumardi, seorang Spesialis Dermatologi, Venereologi, dan Estetika di Klinik Bamed bahwa puasa dapat membantu meningkatkan kecerahan kulit asalkan diimbangi dengan konsumsi makanan yang bernutrisi saat sahur dan berbuka. 

Tidak hanya itu, lanjutnya lagi, puasa dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit yang disebabkan oleh radikal bebas dalam asupan makanan tinggi kalori. Dengan demikian, kulit bisa tampak lebih kencang, halus, dan berkilau ketika lebaran tiba.

Namun, penting juga untuk menjaga pola makan sehat secara keseluruhan. Seperti menghindari makanan yang tinggi gula dan lemak dan mengonsumsi makanan kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral dapat membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam. Antioksidan membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit, sementara vitamin dan mineral mendukung fungsi kulit yang optimal.

Pastikan juga untuk menjauhi soda dan minuman berkafein, karena dua jenis minuman ini dapat menyedot mineral dalam tubuh, yang menimbulkan efek negatif pada kulit. Selain itu, kedua minuman ini juga terbukti membuat tubuh mengalami dehidrasi dengan cepat.

Hindari Pajanan Matahari Langsung

Hindari pajanan atau paparan matahari langsung terutama saat siang hari. Paparan sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan terbakar. Oleh karena itu, penting untuk selalu menggunakan tabir surya dengan SPF yang tinggi, terutama ketika di hari lebaran harus beraktivitas di luar ruangan karena bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Saat berada di luar ruangan hindari terlalu lama berada di bawah sinar UV.

Rutin Membersihkan Wajah dan Menggunakan Pelembap Kulit

Jangan lupa membersihkan wajah secara rutin, terutama sebelum tidur dan setelah beraktivitas di luar ruangan. Membersihkan wajah secara teratur untuk menghilangkan kotoran dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori.

Dengan mengikuti tips-tips merawat kulit tetap sehat saat lebaran, kamu akan siap tampil glowing dan segar saat merayakan hari lebaran. Merawat kulit yang optimal juga cukup penting dengan rutin perawatan ke dokter kulit profesional, terutama bagi kamu yang punya masalah kulit cukup serius. Kunjungi Klinik Bamed untuk mengatasi masalah kulit melalui konsultasi dan treatment sesuai kondisi kulit.